Pelumasan Rantai Roda

Memasuki musim hujan, kita sebagai pengguna sepeda motor wajib memberi perhatian lebih untuk salah satu bagian penting dari sepeda motor kita yaitu rantai roda, why ? karena dimusim hujan, rantai sangat rentan terkena korosi yang disebabkan oleh air hujan.

Perhatian lebih yang dibutuhkan adalah pelumasan, pelumasan untuk rantai roda disarankan memakai oli dengan kekentalan SAE atau satuan kekentalan 90, oli yang sering juga dipakai untuk gardan / diferential mobil, tetapi jika kita susah mendapatkan oli SAE 90 kita juga bisa memakai oli mesin sepeda motor SAE 20 W 50 dengan catatan, oli tersebut masih baru.

Apabila kita menggunakan oli bekas untuk pelumasan rantai roda, yang ada bukannya merawat tetapi merusak karena oli bekas mengandung kerak dan kotoran yang bisa menimbulkan keausan lebih cepat pada rantai roda. Tetapi sekarang ini kita lebih dipermudah untuk merawat rantai roda sepeda motor kita karena sekarang sudah banyak ChainLube yaitu pelumas rantai dalam botol yang banyak dijual dipasaran dan untuk memakainya kita tinggal menyemprotkannya ke rantai roda.

Selamat mencoba. Andri


Tinggalkan komentar